Seleknas Calon Kompetitor Asean Skill Competition

LIPUTAN.CO.ID, Bekasi – Kementerian Ketenagakerjaan atau Kemnaker menggelar Seleksi Nasional (Seleknas) Calon Kompetitor ASEAN Skills Competition (ASC) XIII. Event itu digelar menurut Menaker Ida Fauziyah, untuk membangun generasi muda Indonesia yang kuat, unggul dan memiliki daya saing tinggi.

Dikatakan Ida, Seleknas Calon Kompetitor ASC XIII, menjadi parameter seberapa besar penguasaan kompetensi generasi muda Indonesia, lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi. Selain itu, Seleknas ini juga menjadi tolok ukur bagi pemerintah daerah serta pelaku usaha dan industri dalam mengembangkan sumber daya manusia di daerahnya.

“Oleh karena itu, untuk meraih prestasi terbaik dari Seleknas ASC, para kompetitor harus menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” kata Ida, pada Penutupan Seleksi Nasional dan Peluncuran Pemusatan Pelatihan Calon Kompetitor ASEAN Skills Competition XIII 2022, di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (15/9/2022).

Politikus PKB itu mengatakan, Seleknas Calon Kompetitor ASC bertujuan mendapatkan kandidat anak-anak muda yang akan mewakili Indonesia pada ajang WorldSkills ASEAN Competition yang diadakan bulan Juli 2023 di Singapura.

“Diharapkan dari Seleknas ASC ini akan lahir putra-putri terbaik bangsa yang memiliki kesiapan baik dari keahlian, mental dan motivasi,” katanya.

Menaker menyambut baik keikutsertaan Indonesia pada ASEAN Skills Competition sebagai upaya menunjukkan kepada negara-negara ASEAN bahwa SDM Indonesia memiliki keunggulan kompetitif.

Ia mengingatkan kepada para pemenang Seleknas Calon Kompetitor ASC, untuk tidak cepat berpuas diri, jangan mudah menyerah pada segala rintangan yang akan dihadapi. “Jadikan prestasi kalian sebagai langkah awal dalam perjalanan karir di masa mendatang,” ujarnya.

“Pergunakan waktu kalian untuk menempa diri, meningkatkan dan mengasah semua keterampilan,” lanjutnya.

Seleknas Calon Kompetitor ASC XIII ini diikuti 160 orang, pada 16 bidang kompetisi, yaitu IT Network System Administration, IT Sofware Solutions for Business, Graphic Design Technology, Web Technologies, Mechanical Engineering CAD, Beauty Therapy, Hairdressing, CNC Maintenance, Elektronics, Refrigeration and Air Conditioning, Industrial Automation, Restaurant Service, Automobile Technology, Fashion Technology, Mechatronics, Mobile Robotics.[liputan.co.id]_(Fas)

Komentar