Kebangkitan Sektor Pariwisata Dorong Bangkitnya UMKM

CILACAP – Kebangkitan sektor pariwisata tanah air turut mendorong kebangkitan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak Pandemi Covid-19. Kebangkitan Sektor Pariwisata ini juga harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur yang mempermudah akses bagi masyarakat ke lokasi wisata.

“Kebangkitan sektor pariwisata membawa angin segar bagi kebangkitan UMKM. Hal ini juga ditunjang dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai,” kata Anggota Komisi VI DPR RI, Siti Mukaromah, dalam keterangan tertulis, Selasa (5/12).

Erma menambahkan, UMKM dapat menjadi pemasok bagi produk-produk yang dijual di lokasi wisata. Terlebih jika yang dijual adalah produk khas dari daerah wisata tersebut. “Tidak hanya sebagai konsumen, masyarakat yang datang ke lokasi wisata juga dapat memberikan testimoni produk sehingga pemasaran dari mulut ke mulut dapat menjadi peluang UMKM memperluas pemasaran produk,” ujar dia.

Dirinya mengapresiasi Adhi Karya sebagai BUMN yang bergerak dibidang infrastruktur, karya monumental yang telah dikerjakan perusahaan ini adalah pembangunan Masjid Istiqlal, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Monumen Nasiona Nasional.

Proyek yang masuk dalam pendanaan Rights Issue ADHIantara lain tol Solo- yogyakarta YHA Kulonprogo, Tol yogyakarta Bawean dan SPAM Karian Serpong Timur. Manfaat yang diperoleh ADHI memperoleh pendanaan Right Issu adalah untuk mendorong penyelesaian program strategis nasional.

Selain pengembangan Bisnis, dengan adanya Rights Issue ini Perseroan juga memberikan manfaat bagi Pemerintah, Negara dan Masyarakat, salah satu nya, melalui Peningkatan PDB/PDRB Penambahan Lapangan Kerja, Peningkatan Pajak dan Dividen. Dampak lain yang dapat dirasakan juga adalah konektivitas wilayah menuju daerah pariwisata. (***)

Komentar