Asosiasi UMKM Dukung Terobosan Erick Thohir Kenalkan Merchandise Juara di Piala Dunia U-20

JAKARTA – Ketua Umum PSSI Erick Thohir memperkenalkan Apparel Juara sebagai pemegang lisensi marchandise untuk Piala Dunia U20 2023.

Erick Thohir menyebut terpilihnya PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) merupakan sebuah terobosan karena produk lokal bisa terlibat di hajatan akbar yang akan diselenggarakan di Indonesia.

Ketua Umum Assosiasi Industri UMKM Indonesia (Akumandiri), Hermawati Setyorinny mendukung langkah Erick Thohir menggandeng pengusaha lokal dalam perhelatan terbesar kedua FIFA yaitu kejuaraan dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Indonesia.

Dengan demikian, kata Hermawati Setyorinny, produk lokal Indonesia bisa dikenal luas dan berkualitas kelas dunia.

“Saya sangat mendukung langkah ketua PSSI Erick Tohir menggandeng Apparel lokal Juaraga dalam menyedikan merchandise Piala Dunia U-20 2023. Ini peluang besar dan terobosan bahwa produk berkualitas bisa diproduksi perusahaan Indonesia untuk event dunia,” ujar Hermawaty, Jumat (10/3/2023).

Hermawaty mengaku senang, sebab PSSI memberikan kesempatan bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk tampil sebagai mitra dalam even internasional. Menurutya, produk UMKM Indonesia bisa diadu secara kualitas dengan merk atau brand terkenal kelas dunia lainnya.

“Sudah selayaknya Juaraga melibatkan UMKM sebagai mitra produksi, banyak kok UMKM yang produk produknya layak dan berkualitas,” paparnya.

Hermawaty mengatakan, produk yang dihasilkan tentunya sudah terjamin secara kualitas dan kuantitasnya untuk memenuhi permintaan para pecinta sepak bola dari dalam negeri hingga mancanegara.

“Keterlibatan UMKM yang ada dalam daftar pemerintah, menurut saya dengan pertimbangan untuk pertanggungjawaban dalam hal kualitas dan kuantitas terjamin dan pengawasan dan pertanggungjawaban mudah,” jelasnya.

“Karena apapun produk yang ditawarkan atau diproduksi adalah sebagai wajah Indonesia, jadi harus benar benar dalam pengawasan yang ketat,” imbuh Hermawaty.

Oleh karena, itu Hermawaty mengaku bangga dengan terobosan Erick Thohir, pasalnya produk asli buatan anak bangsa dapat diakui dan dipesan oleh dunia internasional khususnya bidang sepak bola.

“Yakin sekali, terobosan ini mampu membawa produk lokal mendunia. Meskipun selama ini sudah banyak produk produk Indonesia mendunia, yang dilabeli dan dipesan brand brand besar dunia,” ucap Hermwaty.

“Produk produk Indonesia tidak kalah dengan produk produk buatan luar negeri. Ikut bangga souvenir yang bakal dijual nantinya seperti T-Shirt, jersey, jaket, topi, sendal dan beberapa produk lainnya terlabel dan diproduksi anak bangsa,” tuntasnya.

Diketahui, apparel lokal Juara siap menjual sebanyak 53 jenis merchandise Piala Dunia U20 2023 dengan berbagai macam jenis harga. Diantaranya menchadise tersebut ialah T-shirt, jersey, jaket, topi, sendal, gantungan kunci, dan yang lainnya.

Untuk meramaikan turnamen yang akan diikuti oleh 24 tim terbaik dari seluruh konfederasi sepak bola dunia itu Juaraga pun siap ikut andil.

“Peluncuran merchandise Juara adalah bagian dari kita untuk memeriahkan event terbesar kedua FIFA yaitu kejuaraaan dunia U-20. Ayo, segera viralkan,” ujar Erick di acara peluncuran menchandise di Atrium Mall FX Sudirman, Jakarta, Rabu (8/3), dikutip dari laman resmi PSSI.

Juaraga yang terpilih sebagai merchandise pun dengan percaya diri membuat souvenir ini dengan melibatkan UMKM sebagai mitra produksi.

Buat bahan baku sendiri dipastikan 95 persen dibuat di Indonesia dan untuk sisanya harus diimpor berupa komponen-komponen yang memastikan keaslian dan lisensi dari FIFA, berupa hologram dan material-material eksklusif lainnya. (***)

Komentar