Seandainya DPD Punya Kewenangan Mencalonkan Presiden, Mahyudin: Saya Akan Calonkan Mahfud MD!

LIPUTAN.CO.ID, Jakarta – Wakil Ketua DPD RI Mahyudin, mengaku akan mendukung Mahfud MD sebagai calon presiden RI pada Pemilu 2024, jika DPD RI memiliki kewenangan dalam mencalonkan presiden.

“Sendainya DPD diberikan kewenangan untuk mencalonkan presiden, maka saya ingin mencalonkan Mahfud MD menjadi calon presiden,” kata Mahyudin, Rabu (5/4/2023).

Menurutnya, Mahfud MD merupakan figur yang cerdas, kritis dan berani, sehingga sangat layak dicalonkan sebagai presiden RI. Ditambah pengalaman di pemerintahan yang panjang, sebagai menteri, anggota DPR, dan juga ketua MK.

“Mahfud termasuk tokoh yang berpengalaman di ranah eksekutif, legislatif, maupun yudikatif saat menjabat ketua MK, ia juga cerdas dan kritis. Apalagi ia selama ini terbukti memiliki keberanian dalam membongkar berbagai kasus besar yang menarik perhatian publik seperti kasus Sambo dan transaksi janggal di Kemenkeu,” terangnya.

Namun menurut Senator asal Kalimantan Timur itu, Mahfud MD perlu pendamping yang juga memiliki rekam jejak baik, sebagai Wapres. Ia pun menyebut sosok Tuan Guru Bajang (TGB) dan Lanyala Mataliti sebagai tokoh-tokoh yang layak dipertimbangkan sebagai cawapres mendampingi Mahfud MD.

“Dengan rekam jejaknya yang baik selama ini, maka TGB dan juga Lanyala Mataliti, keduanya layak dipertimbangan menjadi Cawapres mendampingi Mahfud MD,” katanya.

Selain sebagai Capres, tambah Mahyudin, sosok Mahfud MD juga layak untuk dimajukan sebagai Cawapres mendampingi para tokoh yang selama ini digadang-gadang sebagai Capres, seperti Prabowo Subianto yang saat ini sama-sama membantu presiden Jokowi.

“Sosok Mahfud selayaknya bisa dimajukan sebagai Cawapres berpasangan dengan Prabowo misalnya. Mengingat keduanya sama-sama duduk di kabinet,” imbuhnya.

Komentar