BKSAP DPR RI: Indonesia Tuan Rumah Sidang Umum Ke-44 AIPA

LIPUTAN.CO.ID, Jakarta – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana menyatakan Sidang Umum Ke-44 AIPA atau The-44th General Assembly ASEAN Inter-Parliamentary Union (AIPA) yang digelar di Jakarta, tanggal 5 hingga 11 Agustus 2023 nanti merupakan momentum penting bagi Indonesia selaku tuan rumah sekaligus Ketua ASEAN 2023 untuk memimpin mengatasi berbagai tantangan global, antara lain konflik di Myanmar hingga isu Green Economy di kawasan ASEAN.

Demikian dikatakan Putu Supadma Rudana saat menggelar Konferensi Pers bertajuk “Parlemen yang Responsif untuk Stabilitas dan Kesejahteraan ASEAN”, di Media Center, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (21/7/2023).

Indonesia kata politikus Partai Demokrat itu, sudah 7 kali menjadi Ketua ASEAN. Keketuaan ini momentum penting setelah Covid-19 tantangan global kemarin, kita menjadi Ketua ASEAN kembali. Tentu ini sangat penting karena banyaknya challenging global, serta isu kemanusiaan yang menyangkut demokrasi Indonesia di kawasan ASEAN.

“Belum lagi isu-isu lain yang menyangkut climate change, isu-isu lain yang menyangkut bagaimana komitmen terhadap Green Economy yang tadi saya sampaikan. Ini justru berdampak langsung kepada kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Terkait hal itu, Putu yang juga menjabat sebagai Ketua Desk Kerja Sama Regional BKSAP DPR RI itu berharap berbagai isu global yang disampaikannya selaku Pimpinan BKSAP DPR RI menjadi resolusi-resolusi penting dalam Sidang Umum AIPA ke-44 2023 nanti, terutama pembahasan Green Economy, mengingat pertumbuhan Green Economy tidak akan ada gunanya jika lingkungan tidak terjaga dan tidak melibatkan people yang menjadi subjek di dalamnya.

“Karena justru kita ‘membayar’ dengan mahal untuk mengembalikan menuju Net Zero Emission. Bagaimana emisi itu menunjukkan Net Zero, maka komitmen kita di ASEAN itu ingin menunjukkan kepada global memberi contoh, agar satu hal utama bagaimana mitigasi planet chain kita sudah lakukan,” paparnya.

Oleh karena itu, Putu menegaskan selaku Ketua ASEAN sekaligus tuan rumah Sidang Umum AIPA ke-44, Indonesia siap memberikan masukan dan inspirasi sehingga menghasilkan resolusi yang betul-betul mumpuni dan bermanfaat terhadap kestabilan kawasan ASEAN.

Parlemen, tegas Putu, juga siap aktif berperan (engaggement) terutama dalam memberikan kesejahteraan semua pihak khususnya di kawasan ASEAN.

Turut hadir dalam diskusi tersebut yaitu Wakil Ketua BKSAP DPR RI Sukamta secara virtual dan Pakar Hubungan Internasional Universitas Padjajaran (Unpad) Teuku Rezasyah.

Komentar