Guru Lolos Passing Grade Jateng Kembali Geruduk Rumah Aspirasi Abdul Fikri Faqih

LIPUTAN.CO.ID, Tegal – Sejumlah 20 guru SMA dan SMK yang tergabung dalam Forum Guru Prioritas Pertama Negeri dan Swasta (FGPPNS) Jawa Tengah pada Jumat (28/7/2023), menemui Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. H. Abdul Fikri Faqih, di Rumah Aspirasi yang berada di Kota Tegal.

“Kami sudah menunggu lama Pak Fikri, harapan kami sejumlah 5601 prioritas pertama/P1 yang sudah lolos passing grade agar segera dituntaskan,” ungkap Jamjuri, salah satu perwakilan guru yang hadir.

Teman-teman, lanjut perwakilan lainnya, makin resah dengan rencana pemerintah akan membuka PPPK paruh waktu. “Sedangkan nasib kami belum jelas, membuat kami semua galau Pak Fikri,” ujar salah satu perwakilan dari Wonosobo yang turut hadir di pertemuan itu.

Menanggapi curhatan dari FGPPNS, Fikri menjelaskan, memang sedari awal terlihat tidak ada koordinasi yang jelas dari Kemendikbud RI dengan Pemerintah Daerah, terutama terkait dengan penentuan formasi yang dibutuhkan dan kemampuan keuangan daerah.

“Proses rekrutmen telah terjadi, dan bapak ibu guru ini sudah melewati semua mekanisme dan telah dinyatakan lolos passing grade, tentu ini harus dituntaskan dengan skema yang jelas,” ujarnya.

Dihadapan perwakilan FGPPNS, secara langsung Fikri menghubungi Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Uswatun Khasanah, untuk menginformasikan berbagai tuntutan perwakilan FGPPNS, dan mengkonfirmasi jumlah formasi dan rencana skema penuntasan Guru yang telah lulus passing grade.

Fikri kembali menegaskan kepada perwakilan FGPPNS untuk terus bersama-sama mengawal proses penuntasan P1/PG, dan akan terus menjalin komunikasi dengan Dinas Pendidikan tingkat Provinsi terkait skema penuntasan P1/PG ditingkat SMA/K, serta aspirasi tersebut akan disampaikan kembali dalam rapat kerja dengan Kemendikbudristek RI pada masa sidang yang akan datang.

Komentar