Bicara Pendaftaran AMIN ke KPU, Habib Aboe: Over All Semuanya Sesuai Perencanaan

JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al Hansyi mengatakan, Koalisi Perubahan pengusung pasangan calon (paslon) presiden Anies Baswedan dan wakil presiden (wapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin telah membentuk Tim Nasional (Timnas) Kampanye AMIN. Namun, struktur Timnas Kampanye ini tidak masuk dalam persyaratan pendaftaran capres-cawapres.

“Oleh karenanya kita mengikuti aturan yang ada,. Tapi nanti pada waktunya setelah diminta untuk didaftarakan, kita akan menyampaikannya ke KPU. Insha Allah kalau nanti sudah waktunya akan kita buka semua,” kata pria yang akrab disapa Habib Aboe itu melalui siaran pers tertulisnya, Selasa (17/10/2023).

Soal siapa saja yang mengisi tim tersebut, apakah termasuk tokoh-tokoh atau kriteria yang menjadi bagian Timnas Kampanye AMIN, lanjut Habib Aboe, tentunya komponen dasarnya adalah partai pengusung dan relawan.

“AMIN sendiri sampai saat ini memiliki ratusan relawan. Karenanya kita ambil saja perwakilan dari simpul-simpul relawan tersebut,” sebut incumbent Caleg PKS dari daerah pemilihan (Dapil) Kalimantan Selatan I itu lagi.

Selain itu, menurut Habib Aboe, dalam timnas juga akan ada unsur tokoh yang masuk dalam penasihat yang nantinya akan memberikan masukan dan saran kepada tim ini. Sedangkan untuk Timnas Kampanye AMIN sendiri, sebenarnya adalah tim kerja yang dikirim dari partai dan relawan, yang mana kriteria dasarnya adalah mereka yang mampu bekerja dengan baik dalam sebuah tim.

“Ini adalah nama-nama terbaik yang dikirim dari partai dan relawan. Secara khusus Mas Anies dan Gus Imin memang meminta agar tim ini juga merepresentasikan kebhinekaan Indonesia. Jadi anggota tim ini memiliki latar belakang keagamaan yang beragam dan juga latar suku yang beragam. Hal ini penting agar cara pandang tim dalam bekerja nanti bisa holistik,” sambung Habib Aboe.

Disinggung soal hambatan atau hal yang belum dipersiapkan dalam pendaftaran pasangan capres-cawapres dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, tanggal 19 nanti, dengan tegas Habib Aboe menyatakan tidak ada (hambatan). Karena koalisi memang telah merencanakan mendaftar pertama di tanggal 19 itu, untuk menunjukkan kesiapkan koalisi pendukung AMIN dalam berkompetisi di Pilpres 2024 nanti.

“Jadi persiapannya sudah ok lah, berkas-berkas sudah siap. Tim LO kita juga sudah berkoordinasi dengan KPU. Kita secara resmi juga sudah bersurat ke KPU untuk mengatur penjadwalan pendaftaran,” ujarnya.

Soal iring-iringan saat pendaftaran nanti, kata Habib Aboe, ada panitia pelaksana yang sudah menyiapkan, yakni rombongan akan berangkat dari rumah capres Anies Baswedan, setelah Subuh. Nantinya, rombongan ini akan disambut di DPP PKS.

“Detainya akan kita sampaikan berikutnya. Yang jelas over all semuanya sesuai perencanaan. Kita mohon doanya dari segenap masyarakat, semoga semua prosesnya bisa berjalan dengan lancar dan baik,” tutup Habib Aboe.

Komentar