Ajakan Cawapres “Kalau Dikasih Uang Terima Aja’, Guspardi: Money Politic Tak Dibenarkan

LIPUTAN.CO.ID, Jakarta – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus merasa heran mendengar pernyataan yang diduga berasal dari salah satu calon wakil presiden (Cawapres) yang melontarkan pernyataan “kalau dikasih uang terima saja, tapi tetap pilih sesuai hati nurani.”

“Saya rasa ada narasi yang kurang tepat terkait pernyataan yang disampaikan oleh salah satu Cawapres,” kata Guspardi, Minggu (17/12/2023), tanpa menyebut siapa Cawapres dimaksud.

Menurut politikus PAN ini, memilih sesuai dengan hati nurani merupakan sesuatu yang benar. “Namun menerima pemberian sesuatu atau uang itu sama sekali tidak dibolehkan, apalagi dianjurkan, karena itu merupakan bentuk politik uang,” ujarnya.

Caleg petahana DPR RI daerah pemilihan Sumatera Barat 2 nomor urut 2 itu menegaskan, kalau pun memilih dengan hati nurani, bukan berarti masyarakat boleh menerima pemberian maupun uang dari pasangan calon mana pun. “Apa pun alasanya, kita harus tetap menjaga Pemilu ini tidak ada money politic,” tegasnya.

Karena itu, dalam masa kampanye Pemilu ini, Guspardi berharap semua pihak harus tetap menjaga jangan sampai masyarakat di iming-imingi dengan pemberian sesuatu atau sejumlah uang untuk memilih salah satu pasangan Capres dan Cawapres tertentu.

Memilih sesuai dengan hati nurani itu, lanjutnya, sesuatu yang tepat dan benar serta harus di gelorakan kepada masyarakat. Sementara money politic mesti menjadi komitmen bersama untuk ditolak oleh semua pihak.

“Bagaimana pun, kita mesti berupaya agar pelaksanaan Pemilu bisa berlangsung secara jujur, adil dan damai, serta terlaksana dengan suasana sejuk, tertib, aman, Luber, dan bermartabat,” pungkas anggota Baleg DPR RI itu.

Komentar