UMKM Tangguh Berkibar Tangsel Tampilkan Produk Unggulan di Ajang Inacraft 2024

JAKARTA – UMKM Tangguh Berkibar Tangerang Selatan binaan PT Pelindo hadir dan ambil bagian dalam ajang International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024) yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Acara ini berlangsung dari tanggal 28 Februari – 3 Maret 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Pembina UMKM Tangguh Berkibar Tangsel Ancilla Yanny Irmella menyambut baik kegiatan Inacraft tahun 2024. Pasalnya, memberikan kesempatan bagi anggota UMKM Tangguh Berkibar Tangsel untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produknya sekaligus meningkatkan pasar domestik serta membuka peluang pasar internasional sebagai komoditi ekspor ke mancanegara.

“Dari 133 peserta yang ikut, kita (UMKM Tangguh Berkibar Tangsel) binaan PT Pelindo dipercaya turut dalam pameran ini. Tentunya peluang ini menjadi satu kebanggaan bagi kami karena di pameran ini, kami dapat memperkenalkan produk- produk unggulan UMKM Tangguh Berkibar Tangsel binaan PT Pelindo,” ujar Ancilla Yanny dalam keterangannya, Kamis (29/2/2024).

Mengutip pernyataan Presiden Jokowi, Ancilla Yanny juga mengapresiasi acara Inacraft 2024 dari tahun ke tahun semakin baik dan menarik, karena brand-nya sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara, dan selalu konsisten menampilkan kreasi-kreasi terbaik hasil seleksi dan selektif yang ketat.

Menurutnya, di Inacraft 2024, segala ragam ragam produk-produk kerajinan Indonesia, seperti fashion (batik dan tenun), sepatu, perlengkapan travel, aksesoris, peralatan rumah tangga, cendera mata, produk dekoratif, mainan, dan lainnya dipamerkan disini dan dihadir tamu khusus internasional sebanyak 70 buyers.

“Dengan terselenggaranya Inacraft 2024 ini, kami berharap UKM Indonesia khususnya UMKM Tangguh Berkibar Tangsel akan lebih Go International dan siap bersaing dengan peserta dari luar negeri, sebagai wujudkan dan upaya kami dalam mendukung program pemerintah di bidang UMKM,” ungkapnya

Dijelaskan Ancilla Yanny, adanya pameran ini akan membangkitkan para pelaku kecil untuk berkontribusi dengan produk UMKM sekaligus memperluas jaringan dan menambahkan pengalaman serta edukasi kepada pelaku UMKM secara umum dan khususnya UMKM di wilayah Tangsel ke depan.

Pada kesempatan itu, Ancilla Yanny juga menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Pelindo yang telah berkomitmen untuk membantu UMKM terus maju ke depan.

“Demikian juga perhatian yang diberikan langsung oleh Komisaris Pelindo Bapak Didi Sumedi yang intinya beliau menyatakan Pelindo akan terus support para pelaku UMKM yang serius mau maju,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua UMKM Tangguh Berkibar Ardiansyah bersyukur para pelaku usaha di Tangsel ikut berkontribusi dalam pameran Inacraft 2024 ini.

Dia berharap UMKM Tanggung Berkibar yang menjadi binaan dari PT Pelindo ini dapat terus melakukan pembinaan hingga UMKM yang dibina dapat naik kelas.

“Kami sangat bangga menjadi binaan PT Pelindo yang selama ini konsisten mendukung dan membina UMKM TB Tangerang Selatan serta melibatkan diberbagai even Nasional dan Internasional,” ungkapnya.

Ardiansyah menambahkan, partisipasi UMKM Tanggung Berkibar Tangsel dalam pelaksanaan pameran baik nasional dan internasional tidak terlepas peran penting selama ini dari PT Pelindo.

“Mudah-mudahan, ini bisa menjadi sebuah motivasi penyemangat bagi para pelaku UMKM di Indonesia secara umum dan khususnya penyemangat para pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan,” ucapnya.

“Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya secara pribadi dan juga Ketua UMKM TB Tangsel beserta seluruh pengurus dan anggota UMKM mengucapkan ribuan terima kasih kepada PT Pelindo atas dukungan, bimbingan dan pembinaan yang diberikan kepada UMKM TB Tangsel,” tukasnya.

Diketahui, Inacraft 2024 merupakan ajang pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara yang diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan Mediatama Event.

Dengan tema utamanya “From Smart Village to Global Market” dan sub-temanya “World Craftpreneurs Under One Roof”, pameran Inacraft 2024 menawarkan beragam produk-produk kerajinan Indonesia, seperti fashion (batik dan tenun), sepatu, perlengkapan travel, aksesoris, peralatan rumah tangga, cendera mata, produk dekoratif, mainan, dan lain-lain.

Komentar