Usul THR Cair H-14, PDI-P: Supaya Cukup Waktu Tangani Pengaduan

LIPUTAN.CO.ID, Jakarta – Anggota Komisi IX DPR RI, Edy Wuryanto mengusulkan agar pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pekerja dilakukan paling lambat 14 hari menjelang Idul Fitri.

Hal tersebut dikatakan Edy Wuryanto mengingat sempitnya waktu untuk penanganan laporan yang masuk ke layanan-layanan Pengaduan THR Keagamaan.

“Jadi pemberian THR itu, yang diatur oleh Bu Menteri itu tujuh hari sebelum hari raya, ini yang saya complaint. Jangan tujuh hari, tapi 14 hari karena biasanya diketahui H-7 pekerja tahu dia nggak memperoleh THR, H-6 dia biasanya lapor ke posko pengaduan, H-5 biasanya baru dipelajari. Nah H-4 sudah libur bersama, jadi waktunya sangat mepet,” kata Edy, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (29/3/2024).

Politikus PDI-P itu mengungkapkan, setidaknya lebih dari empat ribu aduan yang masuk terkait dengan tidak diberikannya THR sesuai ketentuan Menteri Ketenagakerjaan.

Merujuk pada Surat Edaran Menaker tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2024 Bagi Pekerja/ Buruh di Perusahaan tertulis, THR Keagamaan wajib dibayarkan 7 (tujuh) hari sebelum hari raya keagamaan.

“Sementara PNS/ASN itu memberi THR itu H-14, jadi kami mengusulkan kepada Bu Menteri, THR-nya jangan H-7 lah (tapi) H-14 sehingga kalau ada pengaduan masih cukup waktu biar semua pekerja bahagia,” sarannya.

Apabila THR diberikan sejak 14 hari sebelum hari raya lanjut Edy, maka bisa memberikan ruang bagi keluarga pekerja dalam perencanaan belanja. Terlebih saat hari raya harga-harga cenderung naik sehingga daya beli pekerja juga harus dieskalasi dengan menggunakan THR tersebut.

Layanan Pengaduan THR Keagamaan Tahun 2024 diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI dan Dinas yang membidangi Ketenagakerjaan Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui aplikasi SIAPKerja.

Pelayanan diberikan kepada pengusaha dan pekerja/buruh dalam pelaksanaan pembayaran THR Keagamaan, sesuai Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan nomor M/2/HK.04.00/III/2024 tanggal 15 Maret 2024 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2024 Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Komentar