Amien Rais Setuju Omongan Mahfud MD: 90 persen Cakada Dibiayai Cukong

LIPUTAN.CO.ID, Jakarta – Mantan Ketua MPR RI Profesor Amien Rais membenarkan pernyataan mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan atau Menkopolhukam Profesor Mahfud MD tentang pasangan calon kepala daerah atau Cakada dalam pemilihan kepada daerah atau Pilkada yang dibiayai oleh cukong.

“Kita ingat omongan Pak Mahfud bahwa karena Pilkada langsung oleh masyarakat maka 90 persen Cakada dibiayai cukong,” kata Amien Rais, usai bertemu dengan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Amien melanjutkan, lalu Mahfud menyatakan 74 persen pemenang Pilkada itu dibiayai cukong.

“Saya setuju itu,” kata Ketua MPR RI periode 1999-2004 itu.

Hal itu terjadi menurut Amien Rais, karena mayoritas pendidikan warga negara itu adalah lulusan SD yang mudah dipengaruhi dengan segepok uang.

Selain itu, Amien Rais juga mengkritisi pernyataan pengamat politik yang menuding pemilihan Capres-Cawapres dikembalikan ke MPR RI sebagai keinginan pribadi Amien Rais.

“Siapa itu pengamat sontoloyo yang tidak lulus kuliah di Amerika Serikat itu yang mrngaitkan pemilihan presiden oleh mpr yang seolah itu maunya Amien Rais,” ujar Amien Rais.

Komentar