oleh

Inilah Nama-Nama Cawapres yang Diusulkan Paramasuka di Pilpres 2019

Jakarta, liputanco.id, – Persatuan masyarakat Papua, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Kalimantan (Paramasuka) mulai memanaskan mesin politik mereka. Hal itu terlihat dengan langkah Paramasuka mengusulkan beberapa nama calon Wakil Presiden untuk dampingi Joko Widodo atau Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Tokoh Paramasuka, Novi Viky Akihary mengatakan, beberapa tokoh nasional Paramasuka sudah disiapkan untuk maju bersaing merebutkan kursi Presiden atau Wakil Presiden pada Pilpres 2019 mendatang.

Dikatakan Akihary, tokoh-tokoh Paramasuka yang sudah disiapkan memiliki sepakterjang karir cukup menghuni, seperti Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Nono Sampono, Gubernur Sulawesi Selatan Yasin Limpo, Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajan, mantan Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Lukas Enembe
dan beberapa tokoh-tokoh lainnya.

“Nono Sampono pengalaman ditingkat nasional, jadi saya pikir itu tokoh potensial. Kemudian ada tokoh lainnya seperti Pak Sarundajang, Yasin Limpo dan lainnya, silahkan ini berkembang nanti juga mengerucut dan panitia membuat gerakan ini berkelanjutan dan terus menyaring nama-nama itu sehingga mengerucut ke orang yang benar-benar profesional dan bisa membangun Paramasuka dan bangsa ini tentunya,” kata Akihary kepada awak media di Jakarta, Senin (25/6).

Menurut Akihary, gerakan seperti ini harus dijadikan sebagai satu gerakan aktif hingga tokoh perwakilan dari wilayah Indonesia Timur (Paramasuka) bisa tampil pada Pilpres 2019, baik sebagai Capres atau Cawapres.

“Saya berharap, ini dijadikan sebagai sebuah gerakan sehingga kita tidak bicara diruang kosong, tapi kita harus mengerucut apa yang disampaikan dengan segala macam permasalahan yang ada, baik kepada Pemerintahan Jokowi, atau siapapun calon Presidennya,” ucap tokoh muda asal Maluku itu.

Bersamaan dengan itu, tokoh Papua Willem Frans menurutkan, kontribusi sumber daya manusia dan sumber daya alam dari wilayah Papua, Nusa Tenggara, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan (Paramasuka) sangat besar sejak perjuangan kemerdekaan Indonesia. Karena itu, sudah saatnya tokoh-tokoh dari Paramasuka mengambil peran untuk tampil dalam kepemimpinan nasional baik sebagai capres maupun cawapres. “Kami melihat perlu ada kesetaraan, kami dukung pak Jokowi maju lagi sebagai Capres 2019 sedangkan wakilnya tokoh dari Paramasuka,” tegas Frans.

Dalam kesempatan itu pula, pengamat intelejen dari Sulawesi Selatan Nurcahya Tandang mengapresiasi kepemimpinan Jokowi dan Jusuf Kalla dalam memimpin bangsa ini. Namun, Nurcahya secara khusus berharap kepada Jusuf Kalla untuk mempersiapkan generasi untuk menggantikannya dalam pentas kepemimpinan nasional.

“Kami menghormati pak Jusuf Kalla, tapi sebaiknya dalam Pilpres nanti memberikan kesempatan kepada tokoh lainnya dari Paramasuka,” kata Nurcahya.

Komentar

Loading...