oleh

Ingatkan Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk Covid-19

Jakarta – Anggota MPR RI Charles Honoris mengatakan situasi Indonesia hari ini persis sama dengan prakondisi India menuju tsunami Covid-19. Contohnya, Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat, akhir pekan minggu lalu.

Demikian juga halnya di Sumatera. Menurut data yang dihimpun oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI itu, terjadi peningkatan penggunaan tempat tidur di rumah sakit rata-rata 10 persen per minggu.

“Karena itu, saya mendesak pemerintah siapkan skenario terburuk andai kata nanti terjadi lonjakan Covid-19,” kata Charles, dalam Diskusi 4 Pilar MPR RI bertajuk “Antisipasi Klaster Baru Covid-19 Jelang Lebaran”, di Media Center DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Charles menjelaskan penyebab tingginya angka kematian dalam kasus lonjakan Covid-19 di India. “Kenapa di India begitu tinggi angka kematian? Karena sistem kesehatannya lumpuh. Kita tidak berharap situasi gawat seperti itu terjadi di Indonesia. Makanya pemerintah harus siapkan skenario terburuk,” tegasnya.

Ditegaskannya, lebih baik pemerintah menyediakan banyak fasilitas kesehatan dan semoga tidak terpakai di banding kehilangan nyawa karena alasan tidak memadainya fasilitas kesehatan. “Pastikan tempat tidur dan oksigen cukup,” tegasnya.

Terakhir, Charles juga mengungkap soal data Covid-19 dalam beberapa kali rapat dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). “Saya sudah sampaikan ke Menkes bahwa data harian Covid-19 itu bukan fakta ril di lapangan. Begitu juga keterpakaian tempat tidur rumah sakit. Itu juga tidak menggambarkan fakta pandemi yang terjadi,” pungkasnya.

Komentar