Tangguh Berkibar Gandeng Ajik Krisna Gelar Kurasi UMKM Agar Bisa Naik Kelas

TANGSEL – Perkumpulan Pengusaha Tangguh Berkibar (TB) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggandeng pengusaha asal Bali Ajik Krisna menggelar kurasi kelompok Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan di Galeri UMKM Mandiri, Tangerang Selatan, Rabu (20/9/2023).

Kegiatan bertajuk “Memperluas Jaringan dan Membangun Kolaborasi antara UMKM Tangguh Berkibar Tangerang Selatan dengan Krisna Oleh-oleh,” dimaksudkan untuk mendorong para pelaku usaha kecil naik kelas.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari yang juga penasihat Perkumpulan Pengusaha Tangguh Berkibar mengatakan dalam sambutannya, kegiatan tersebut merupakan merupakan momentum bersejarah bagi UMKM di Tangerang Selatan.

Pasalnya, produk UMKM akan dikurasi atau proses seleksi oleh Ajik Krisna. Dengan kurasi produk tersebut, maka status UMKM tersebut akan lebih jelas mana yang gradenya bisa naik kelas dan mendapatkan kesempatan bisa tampil di outlet Krisna oleh-oleh yang rencananya akan hadir di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 di Jakarta.

“Ini adalah hari yang bersejarah dan sangat menentukan bagi nasib sebagian dari ibu-ibu yang ada di sini, bagi perjalanan karir ke depan karena akan kedatangan tokoh, pengusaha UMKM yang sudah menjadi raksasa yang bernama Ajik krisna,” kata Qodari, Rabu (20/9/2023).

Kedatangan Ajik Krisna kali ini, kata Qodari, akan melihat, mengamati dan melakukan seleksi produk UMKM yang nantinya dipilih masuk ke outlet toko oleh-oleh Krisna di Jakarta.

Qodari menyebut pada momentum ini menjadi jalan pembuka bagi para pelaku UMKM untuk naik kelas dan masuk ke outlet-outlet besar seperti Krisna, Indomaret atau Alfamart yang jumlahnya ribuan.

“Jadi menurut saya bagi pengusaha UMKM, salah satu turning point, salah satu yang bisa mengubah nasib adalah jika produknya masuk ke toko oleh-oleh Krisna, Indomaret dan Alfamart,” ungkapnya

“Sebelum masuk ke Alfamart dan Indomaret, latihan dulu dengan Krisna,” sambungnya

Pada kesempatan itu, Qodari juga memberikan motivasi kepada puluhan UMKM yang rata-rata kaum perempuan itu untuk memiliki target dan cita-cita yang konkret, agar bisa dijalankan.

“Kalau mimpi itu gak konkret, gak akan sampe. Langit itu mendengar, jadi kalau mau cita-cita itu sampai doanya harus konkret,” jelasnya

Kunci sukses selanjutnya, kata Qodari, pelaku UMKM harus pandai menangkap momentum yang ada di sekitarnya.

“Orang kalau dalam hidupnya ketemu momentum, dia akan mengalami loncatan besar, meningkat dari 10 jadi 20 dan seterusnya. Nah dalam perjalanan hidup saya ketemu momentum tahun 2004 namanya pemilu presiden 2005 namanya Pilkada dan lainnya,” urai Qodari

Maka dari itu, Qodari mengingatkan kepada peserta yang hadir untuk memiliki cita-cita yang jelas dan mempersiapkan diri menyongsong momentum yang hadir. Selain itu, menyiapkan juga produk yang bagus dan berkualitas.

“Kalau ibu bapak punya produk yang kualitasnya bagus, rasanya enak, kemasannya oke hemat saya sih peluang untuk dipilih ya terpilih oleh Simon Cowell-nya UMKM yaitu Ajik Krisna,” terang Qodari

Qodari berharap pelaku UMKM yang hadir dapat memanfaatkan momentum yang ada dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya, sehingga mendapat hasil dari perjuangan yang telah dilakukan.

“Saya doakan yang terbaik bagi bapak ibu sekalian yang ada di sini, yang belum berhasil mudah-mudahan ada kesempatan di masa yang akan datang,” pungkasnya. (***)

Komentar