Panglima TNI Hadiri Sertijab US Indopacom Commander di Hawaii

LIPUTAN.CO.ID, Hawaii – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri upacara serah terima jabatan Komandan US INDOPACOM dari Laksamana John Aquilino kepada Laksamana Samuel J. Paparo Jr dengan inspektur upacara Menteri Pertahanan AS Lloyd J Austin III, di Pangkalan US Indopacom, Joint Pearl Harbour-Hickam, Hawaii, AS, Jumat (3/5/2024).

Kehadiran Panglima TNI pada acara ini menjadi salah satu bentuk komitmen dan pengejawantahan erat dalam meningkatkan hubungan kerja sama antara TNI dan militer AS yang telah ditandatangani oleh kedua Menteri Pertahanan dalam Defense Cooperation Arrangement pada November 2023 lalu.

Dalam sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Menteri Pertahanan Austin, Laksamana Aquilino maupun Laksamana Paparo disebutkan bahwa kerja sama dengan negara-negara partner di kawasan Indo-Pasifik merupakan bagian paling utama dalam keberhasilan tugas menjaga stabilitas kawasan, khususnya dalam menjamin “free and open Indo Pacific” area.

Salah satu capaian terbaik US Indopacom dalam menjamin stabilitas kawasan adalah dilaksanakannya latihan gabungan Garuda Shield dengan Indonesia dan negara-negara lain yang dapat menyelaraskan kepentingan bersama di kawasan.

Panglima TNI berkesempatan untuk bertemu dengan pejabat lama dan baru sebagai partner kerja langsung dalam kerja sama bilateral antara TNI dan Angkatan Bersenjata AS. Dalam percakapan singkatnya, Laksamana Aquilino dan Laksamana Paparo mengungkapkan ucapan bangga dan terima kasih atas kehadiran dan kerja sama yang terjalin selama ini serta berharap akan makin erat dan meningkatnya kerja sama di segala bidang di masa mendatang.

Dalam kegiatan ini, Panglima TNI didampingi oleh Kapuskersin TNI, Marsma TNI Imam Subekti, Atase Pertahanan RI untuk AS, Marsma TNI E. Wisoko Aribowo, S.E., M.Si dan Atase Darat RI, Kol Arh Camas S Prasetyo, MMDS.

Komentar