oleh

Penemuan-Penemuan Tercanggih Tahun 2020

LIPUTAN.CO.ID – Saat ini kita semua sedang berada di era, di mana teknologi menjadi sesuatu yang paling cepat berkembang dan berinovasi. Banyak sekali teknologi-teknologi canggih yang bermunculan dan mempermudah kehidupan manusia di zaman ini. Di tahun 2020 ini ada beberapa teknologi canggih yang sangat berpengaruh bagi masyarakat dunia dan memungkinkan perubahan dunia.

Dilansir dalam Forbes.com, ada 7 penemuan teknologi terbesar di tahun 2020.

Penggunaan AI dalam pelayanan digital.
AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan merupakan salah satu evolusi teknologi tertinggi paling tranformatif di zaman ini. Teknologi ini telah menarik  perusahaan-perusahaan besar untuk mengeksplorasi bagamana agar mereka bisa menggunakan kecerdasan buatan ini untuk meningkatkan pelayanan dan juga merampingkan operasi bisnis mereka. Teknologi ini kemungkinan akan berlanjut dan terus berkembang mengingat penggunaan kecerdasan buatan akan sangat mempermudah dan menguntungkan bagi perusahaan atau individu yang menggunakan jasa kecerdasan buatan ini. Platform yang sudah menggunakan kecerdasan buatan di dalamnya adalah Amazon, Google, dan Microsoft. Dikutip dari cnbcindonesia.com kecerdasan buatan ini dapat diimplementasikan ke beberapa fungsi, contohnya seperti, sistem penerjemah otomatis dalam mesin pencari (Google), asisten pribadi virtual seperti Apple Siri, aplikasi pengemudi otomatis dan masih banyak lagi.

Munculnya jaringan data 5G
Konektivitas internet seluler generasi ke-5 akan member kita kecepatan unduh dan unggah super cepat serta koneksi yang lebih stabil. Meskipun jaringan data seluler 5g untuk pertama kalinya pada tahun 2019, sebagian besar harganya masih mahal dan terbatas hanya di area kota besar. 2020 kemungkinan akan menjadi tahun dimana 5G akan benar-benar menyebar. Dengan paket data yang lebih terjangkau serta cakupan yang sudah ditingkatkan, yang berarti bahwa setiap orang dapat ikut serta dalam kemudahan ini.

Jaringan data super cepat ini tidak hanya member kita kemampuan untuk streaming film dan mendengarkan musik dengan kualitas lebih tinggi saat kita sedang bepergian. Kecepatan yang sangat baik dari 5G ini membuktikan bahwa jaringan seluler akan menjadi lebih bisa diandalkan daripada jaringan kabel yang ada di rumah-rumah.

Pengemudi Otonom
Kendaraan otonom merupakan salah satu teknologi menakjubkan yang dibuat di tahun 2020. Kendaraan ini dikenal sebagai kendaraan tanpa pengemudi yang dapat menjelajahi lingkungannya daan bergerak tanpa penggerakan dari manusia.

CEO Tesla, Elon Musk, mengatakan dia mengharapkan perusahaannya untuk dapat menciptakan kendaraan otonom yang benar-benar “lengkap” tahun ini. Tidak hanya dapat berkedara secara otomatis tetapi juga dengan kelengkapan fungsi lain seperti pengereman otomatis dan perubahan jalur. Selain itu, sistem dalam mobil yang terhubung langsung ke pengemudi, seperti fungsi keselamatan dan hiburan akan semaki otomatis dan bergantung pada pengambilan dan analisis data.

Google mendirikan perusahaan Waymo yang merupakan perusahaan yang mengembangkan teknologi self-driving. Waymo baru-baru ini menyelesaikan uji coba taksi otonom di California, dimana ia mengangkut lebih dari 6.200 orang pada bulan pertamanya.

Prediksi dan Perawatan Kesehatan Personal
Teknologi saat ini mempermudan dan mempercepat perawatan kesehatan dengan keepatan yang belum pernah ada sebelumnya. Kemampuan kita untuk mendapatkan informasi kesehatan dari perangkat yang kita gunakan, seperti jam tangan pintar yang dapat meprediksi masalah yang dialami oleh tubuh bahkan sebelum kita merasakannya.

Dalam hal perawatan, kita akan melihat pendekatan yang jauh lebih dipersonalisasi. Ini juga disebut sebagai pengobatan presisi yang memungkinkan dokter meresepkan obat secara lebih tepat dan menerapkan perawatan, berkat pemahaman yang didorong oleh data tentang seberapa efektif obat tersebut bagi pasien tertentu.

Sepanjang tahun 2020 kita akan melihat aplikasi baru dari perawatan kesehatan prediktif dan pengenalan perawatan yang lebih personal dan efektif untuk memastikan hasil yang lebih baik bagi setiap pasien.

Visi Komputer
Dalam istilah komputer, “visi” melibatkan sistem yang mampu mengidentifikasi item, tempat, objek, atau orang dari gambar visual – yang dikumpulkan oleh kamera atau sensor. Teknologi inilah yang memungkinkan kamera ponsel cerdas Anda mengenali bagian mana dari gambar yang diambil adalah wajah, dan memberdayakan teknologi seperti Penelusuran Gambar Google.Saat kita melewati tahun 2020, kita akan melihat alat dan teknologi yang dilengkapi “computer vision” diluncurkan dengan jumlah yang terus meningkat. Hal ini sangat penting untuk membantu sistem kerja mobil otonom dalam “melihat” dan menavigasi jalan.Lini produksi akan menggunakan kamera visi komputer untuk mengawasi produk cacat atau kegagalan peralatan, dan kamera keamanan akan dapat memberi tahu kita tentang hal-hal yang tidak biasa, tanpa memerlukan pemantauan 24/7.Visi komputer juga memungkinkan pengenalan wajah, yang akan banyak kita dengar pada tahun 2020. Kita telah melihat betapa bermanfaatnya teknologi ini dalam mengontrol akses ke smartphone kita dalam kasus FaceID Apple dan bagaimana bandara Dubai menggunakannya untuk memberikan pelanggan yang lebih lancar perjalanan. Namun, karena kasus penggunaan akan berkembang pada tahun 2020, namun juga akan ada lebih banyak perdebatan tentang pembatasan penggunaan teknologi ini karena potensinya untuk mengikis privasi dan memungkinkan kontrol negara seperti ‘Big Brother’.

Extended Reality
Extended Reality (XR) adalah istilah umum yang mencakup bberapa teknologi baru dan berkembang yang digunakan untuk menciptakan pengalman digital yang lebih imersif. Lebih khusus lagi, hal ini mengacu pada realitas virtual (VR), Augmented dan campuran keduanya. VR memberikan pengalaman yang sepenuhnya digital imersif dimana kita dapat merasakan dunia virtual begitu nyata. Augmented Realiti (AR) menghamparkan objek digital ke dunia nyata melalui layar atau tampilan smartphone (contoh: filter snapchat, istagram, snow, dll).Mixes Reality (MR) adalah perpanjangan dari AR yang berarti pengguna dapat berinteraksi dengan objek digital yang ditempatkan di dunia nyata (contoh: keyboard laser, piano hologram)Teknologi ini sudah ada selama beberapa tahun kebelakang, namun hanya berfokus pada hiburan.Mulai tahun 2020, diperkirakan semua akan berubah, karena para pembisnis mulai memahami banyaknya kemungkinan menarik yang ditawarkan oleh kedua bentuk XR saat ini. Virtual dan Augmented Reality akan menjadi semakin lazim untuk pelatihan dan simulasi, serta menawarkan cara baru untuk beriteraksi dengan pelanggan.

Teknologi Blockchain
Blockchain pada dasarnya adalah buku besar digital yang digunakan untuk mencatat transaksi tetapi diamankan karena sifatnya yang terenkripsi dan terdesentralisasi. Selama tahun 2019 beberapa komentator berpendapat bahwa teknologi ini terlalu berlebihan dan mungkin tidak berguna seperti yang dibayangkan. Namun, investasi lanjutan oleh perusahaan-perusahaan seperti FedEx, IBM, Walmart, dan Mastercard selama tahun 2019 kemungkinan akan menunjukkan hasil yang berbeda.Jika semua berjalan dengan lancar, di tahun 2020 kita akan melihat peluncuran kripto berbasis blockchain, seperti Libra (mata uang Facebook).  (mg)

Komentar

Loading...