PKS Tak Masalah Sikap Golkar yang Tidak Dukung Anies di Pilpres 2024

JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al Habsyi atau akrab disapa Habib Aboe, turut bersuara terkait pernyataan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto yang menyatakan partainya tak akan mengusung Anies Baswdedan pada kontestasi Pilpres 2024. Kata Habib Aboe, keputusan tersebut adalah hak politik dari Partai Golkar.

“Kami menghargai pilihan politik Golkar dalam menentukan calon presiden yang akan diusung pada kontestasi pilpres mendatang,” ujar Habib Aboe kepada awak media di Jakarta, Jumat (4/8).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Hal disampaikan Airlangga kepada awak media usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu kemarin (2/8/2023) menegaskan bahwa partainya tidak mungkin mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024 nanti.

“Benar (tidak akan dukung Anies),” kata Airlangga seraya menambahkan kalau hingga saat ini partainya sedang menyusun langkah terakhir dalam menentukan arah politik pada 2024 mendatang.

Melanjutkan pernyataannya, Habib Aboe menyatakan bahwa perbedaan pilihan capres itu adalah hal yang wajar terjadi, ketika mendekati kontestasi pilpres. Oleh karena itu, PKS menyampaikan dukungan penuh pada Golkar untuk menentukan pilihan Capres yang akan diusung pada 14 Februari 2024.

Terkait dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri dari PKS, NasDem dan Demokrat sendiri, Habib Aboe menegaskan bahwa sampai saat ini, koalisi tersebut masih kokoh dan konsisten mendukung Anis Baswedan sebagai Capres 2024.

“Dalam koalisi ini, kami yakin bahwa satu tiket sudah cukup untuk memberangkatkan pasangan Capres dan Cawapres. Saat ini, fokus kami adalah untuk menyosialisasikan profil Capres kami ke daerah-daerah,” lanjut Caleg incumbent PKS untuk Dapil Kalimatan Selatan I tersebut.

Bahkan, lanjut mantan Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu, PKS tengah berupaya keras melalui mesin politiknya untuk memenangkan Anis Baswedan di Pilpres 2024. Dan ia meyakini bahwa partai-partai lain seperti NasDem dan Demokrat pun memiliki kesibukan serupa.

“Kami percaya bahwa kesibukan rekan-rekan ini tidak akan terpengaruh oleh pernyataan seputar dukungan Capres. Kami semua fokus pada tugas masing-masing,” tegas Habib Aboe seraya menegaskan kalau saat ini, PKS berkomitmen untuk menjaga soliditas koalisi dan bekerja keras demi meraih hasil yang terbaik dalam Pilpres 2024 mendatang.

Sementara Capres dari KKP, Anies Baswedan enggan merespons pernyataan Airlangga Hartarto tentang dukungan pada Pemilu 2024. “Enggak, enggak perlu saya tanggapi,” kata eks Gubernur DKI itu singkat. (***)

Komentar