Suporter Timnas Berulah, Syaiful Huda: Pelaku Cukup Dibina

LIPUTAN.CO.ID, Jakarta – Masyarakat diramaikan oleh video aksi suporter menaiki stand sound system di media sosial, saat laga Indonesia vs Thailand, ajang Piala AFF, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda menyatakan, suporter tersebut tidak perlu sampai dilaporkan ke polisi.

“Saya kira, tim Panpel (panitia pelaksana) tidak perlu melaporkan ke polisi. Saya kira cukup yang bersangkutan dipanggil dimintai komitmennya untuk tidak mengulangi lagi dan menjadi pelajaran semua bahwa peristiwa ini tidak boleh terjadi lagi,” ujar Syaiful Huda, Rabu (4/1/2023).

Politikus PKB itu mengaku tidak setuju bila perbuatan suporter itu harus diproses hukum. Sebab menurutnya, motif suporter tersebut masih perlu digali lebih lanjut. Meski begitu, hal ini bukan berarti aksi tersebut menjadi sesuatu yang boleh dibenarkan.

“Kenapa (oknum suporter) perlu ditanya? Karena supaya kita tahu motifnya apa. Jangan-jangan ada tuntutan yang sifatnya mengalami jalan buntu dari peristiwa Kanjuruhan dan terekspresikan semacam itu,” ujarnya.

Syaiful menambahkan, suporter yang viral itu tidak perlu di-blacklist dari Stadion GBK. “Cukup dilakukan pembinaan, sementara kita butuh banyak perbaikan sebelum punishment itu dijatuhkan,” imbuhnya.

Komentar