Guspardi Gaus Ingatkan Masyarakat Hati-hati Mencoblos

LIPUTAN.CO.ID, Jakarta – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus, mengingatkan masyarakat yang akan melakukan pemilihan di TPS pada Rabu, 14 Februari 2024, agar berhati-hati saat menerima surat suara sebelum melakukan pencoblosan.

“Masyarakat sebelum masuk ke bilik suara, agar dapat memeriksa dan membuka terlebih dahulu surat suara, guna memastikan surat suara dalam kondisi tidak rusak,” kata Guspardi, saat dimintai keterangannya, Selasa (13/2/2024).

Sebagai pemegang hak memilih, lanjutnya, masyarakat bisa mengajukan penggantian surat suara yang ternyata cacat atau rusak. Sepanjang surat suara tambahan masih tersedia.

Caleg petahana dari PAN Dapil Sumbar 2 itu menegaskan jika pemilih keliru saat mencoblos, maka juga bisa meminta surat suara diganti. Dan kesempatan mekakukan penggantian hanya satu kali dan surat suara juga masih tersedia.

“Ketentuan tentang penggantian surat suara itu diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 25 tahun 2023 pasal 26 ayat (4) yang menjelaskan bahwa pergantian surat suara hanya bisa dilakukan satu kali tiap pemilih dengan memperhatikan ketersediaan surat suara,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Guspadi berharap masyarakat pemilih agar mengecek surat suara dan mesti berhati-hati, jangan sampai keliru saat mencoblos. Mengingat jumlah surat suara cadangan jumlahnya sangat terbatas.

“Hanya 2 persen dari jumlah DPT di setiap TPS. Jika setiap TPS maksimal 300 pemilih, cadangan kertas surat suara hanya 6 lembar saja,” imbuhnya.

Komentar