Bertolak ke China, Prabowo Dijadwalkan Bertemu Presiden Xi Jinping Sore Ini

JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dijadwalkan bertemu dengan presiden China Xi Jinping di China dalam rangka membina hubungan bilateral, Senin, sore.

Berdasarkan siaran pers resmi dari Kementerian Pertahanan, Prabowo memang sudah sampai China sejak Minggu (31/3). Kedatangannya disambut oleh beberapa pejabat seperti Wakil Menteri Luar Negeri Sun Weidong, Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang dan Athan RI di Beijing Brigjen TNI (Mar) Benny Poltak.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta menjelaskan kunjungan Menhan ke China untuk mempererat hubungan kerja sama Indonesia dan China utamanya di bidang pertahanan.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara dalam memperkuat dialog dan kerja sama strategis yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas regional,” kata Edwin Adrian Sumantha.

Selanjutnya, setelah bertemu dengan Xi Jinping sore ini, Prabowo juga dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri China Li Qiang dan Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun, Selasa (2/4).

Dalam pertemuan tersebut Prabowo akan membahas soal kerjasama antara Indonesia dan China di bidang pertahanan dan keamanan negara.

Sebelumnya, Xi Jinping sempat memberikan selamat kepada Prabowo lantaran telah terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI berdasarkan hasil hitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ucapan itu disampaikan melalui surat resmi yang diantar langsung oleh Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, saat menemui Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Kamis (21/3).

“Saya ingin mengucapkan selamat dan harapan terbaik saya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Xi kepada Prabowo dalam surat tertanggal 20 Maret 2024 itu, dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Jumat.

Dalam surat tersebut, Xi mengatakan China dan Indonesia memiliki sejarah baik dalam upaya mempercepat perkembangan hubungan bilateral.

“Hubungan China dan Indonesia sangat penting. Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mengarahkan pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan yang lebih besar,” ujar Xi.

Xi berharap hubungan tersebut tetap terjaga ketika Prabowo Subianto resmi menjabat Presiden Indonesia. Dalam suratnya, Xi juga berharap Prabowo bisa membawa kemakmuran untuk masyarakat Indonesia.

“Semoga negaramu menikmati kemakmuran dan rakyatnya berbahagia,” kata Xi. (***/ant)

Komentar