DPD RI Ajak Masyarakat Sumut Jaga Persatuan Jelang Pilkada

Jakarta, liputan.co.id – Wakil Ketua DPD RI yang juga senator asal Sumatera Utara, Prof Dr Hj Darmayanti Lubis, mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk menjaga persatuan dan suasana kondusif menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Sumut, 27 Juni 2018.

“Jangan hanya karena soal beda pilihan, kita mengorbankan nilai-nilai persaudaraan dan persatuan yang selama ini dikenal melekat dalam kehidupan sehari-hari. Sudah setop semua intrik, fitnah, saling membenci di antara seluruh pendukung Cagub Cawagub. Kita berharap Pilkada Sumut berjalan lancar, damai, dan demokratis. Siapa pun pemenangnya harus kita terima,” ajak Darmayanti.

Darmayanti menyakini jika seluruh pihak, terutama KPU, Bawaslu, ASN, TNI-Polri bersikap netral dengan berpegang pada aturan perundang-undangan, dan mampu mencegah potensi kecurangan, maka Pilkada Sumut akan berlangsung lancar, aman dan damai.

Ia juga mengajak para tokoh masyarakat, tokoh adat, ulama, dan agamawan di Sumut untuk menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. “Masyarakat Sumut yang heterogen, terbiasa hidup bertoleransi dan saling menghormati. Peran para tokoh dalam menjaga persaudaran akan ikut menentukan kualitas Pilkada kali ini,” ungkap Darmayanti.

Darmayanti bersama beberapa Anggota DPD RI akan terjun langsung ke Sumut untuk melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada. Menurut Darmayanti Pengawasan ini sesuai dengan keberadaan dan fungsi DPD sebagai salah satu Lembaga Tinggi Negara, yang merupakan representasi daerah dalam memperjuangkan aspirasi dan kepentingan daerah melalui fungsi yang dimilikinya, salah satunya adalah fungsi pengawasan.

“Pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan Negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Karena itu pengawasan ini adalah bagian upaya kita untuk menjaga kualitas Pilkada agar berlangsung demokratis, bebas dari intimidasi dan money politic, transparan dan akuntabel,” terang Darmayanti.

Pilkada di Sumut Utara diikuti oleh dua pasangan kandidat gubernur dan wakil gubernur yakni Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus, dan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah. KPU sudah menetapkan sebanyak 9.052.529 jiwa yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berhak memberikan suara di 27.478 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Sumut.

“Setelah seluruh persiapan dan tahapan awal dilalui, jangan lupa mari kita berdoa semoga Pilkada Sumut berjalan damai sesuai harapan pemerintah dan masyarakat,” ajak Darmayanti.

Komentar