Bakamla RI Bangun Peluang Kerja Sama Lewat Maritime Security Symposium

LIPUTAN.CO.ID, Jakarta – Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksda Bakamla Dr. Gregorius Agung W.D., M.Tr. (Han)., didampingi Analis Kebijakan Ahli Madya Bakamla RI Kolonel Bakamla Tuti Ida Halida, S.T., M.I.T.M., menghadiri kegiatan Maritime Security Symposium, di salah satu Hotel kawasan Bali, pada Selasa (27/2/2024).

Kegiatan symposium ini diadakan oleh UK Commonwealth and Development Office, Ministry of Defence and British Embassy Jakarta, yang ditujukan bagi para pemangku kepentingan di laut. Kegiatan berlangsung selama lima hari, pada tanggal 26 Februari – 1 Maret 2024. Tujuan dari kegiatan tersebut yakni, eskplorasi peluang untuk membangun kerja sama regional dan koordinasi antar lembaga di bidang keamanan maritim.

Pada kesempatan ini, Laksda Bakamla Gregorius Agung menyampaikan paparan bertemakan Regional Cooperation and Collaboration To Address Maritime Issues.

Memulai paparannya, Laksda Bakamla Gregorius Agung menjelaskan mengenai tugas dan fungsi Bakamla RI dengan berbagai ancaman yang terjadi di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia, serta menjelaskan kolaborasi Bakamla RI dengan Coast Guard negara lain melalui ASEAN Coast Guard Forum (ACF).

Instansi terkait yang ikut terlibat meliputi, Bakamla RI, TNI AL, Polairud, Kementerian Luar Negeri, Otoritas Pelabuhan, Bea Cukai, BNN, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Serta, dalam kegiatan ini turut melibatkan 4 negara ASEAN, diantaranya Indonesia, Brunei, Malaysia, dan Philippines.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata akan kuatnya kolaborasi antara Bakamla RI dengan Instansi terkait baik dalam maupun luar Negeri, demi menjaga keamanan dan keselamatan wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia.

Komentar